Thursday, August 8, 2019

My Baby is Not Baby Anymore

Hai bundaaaaa

Lho kok bunda? haha iya soalnya aku mau sharing tentang first day school anak aku :) Yup bener banget Juli tahun ini adalah bulan dimana anak aku yang bernama Athar masuk sekolah. Athar masuk ke Taman Kanak-kanak (TK). Aku emang ga masukin Athar ke playgroup atau TPA. Aku membiarkan Athar puas bermain di usia 1 sampai 4,5 tahun. Takut anaknya bosen aja kalo dari umur 2 atau 3 tahun udah sekolah hehe. Saking puasnya Athar main sampai-sampai dia sempet ga mau sekolah di umur 3,5 tahun :') Jadi waktu Athar umur 3 tahun tuh aku sama suami ngasih pegertian kalo tahun depan Athar bakalan sekolah. Awal mulanya dia ga ngerti apa itu sekolah. Ya kita jelasin pelan-pelan dengan bahasa yang mudah dicerna Athar. Sampai ada kata-kata "nanti Amih (aku) ga ikut ke sekolah, Amih di luar nungguin Athar selesai sekolah" Nah kata-kata itu yang dia ngerti dan nangkep!! Jadinya dia ga mau sekolah :')


I Don't wanna go to School

Sempet worried karena kok Athar ga mau sekolah padahal kalo denger cerita anak-anak yang lain malah kepengen sekolah. Sampai pada saat bed time story aku bacain buku tentang asyiknya bersekolah eeh dia ga mau dibacain buku itu. Langsung minta buku yang lain. Pusing kan aku jadinya haha lebay. Nah pada saat itu kebetulan sepupunya Athar yang bernama Aqso sudah masuk TK. Biar Athar tau betapa serunya di Sekolah jadi suka ikutan kegiatan acara sekolahnya Aqso seperti outing ke D'Kandang Amazing Farm dan berenang bareng. Athar seneeeeeng banget ^^ yang paling seneng pas outing ke D'Kandang  sampai ahirnya dia ngomong sendiri "Atah seneng sekolah Amih. Atah jadi pengen sekolah" denger kata-kata itu aku senengnya minta ampun wkwkwk lebay :D

My Baby is Not Baby Anymore
Aqso dan Athar lagi di D'Kandang Amzing Farm



Survey Sekolah

Bulan Januari kemarin akhirnya aku, suami dan Athar mulai survey TK di daerah deket rumah. Kenapa bertiga? Ya aku pengen semua terlibat termasuk Athar jadi aku survey 3 sekolah ntar aku dan suami nanya ke Athar mana pilihan yang dia suka. Karena Athar yang sekolah jadi biar Athar yang nentuin pilihannya :D Sekolah pertama asik untuk Ibunya karena si Ibu ga usah repot-repot bikin bekel untuk anak di sekolah. Jadi makanan dan minuman semua disediain dari sekolah. Dalam hati aku "wiih asik nih bebas dari bangun pagi dan ga pusing mikirin bikin bento" hahaha tapiiiii setelah dengerin penjelasan dari guru tersebut sekolah pertama ini malah ngebebanin si Ibu karena tiap hari si anak bakalan presentasi di kelas mengenai tema yang ada di bulan itu. Persentasinya yaa pake prakarya. Bagus sih sebenernya, bagus banget malah!! Tapi ini sama aja yang bikin presentasinya ya pasti Ibunya lah :D Trus pas denger penjelasannya lagi sepertinya sekolah ini cocok untuk yang anaknya ditinggal orang tuanya bekerja karena pulang bisa sampai jam 12 atau jam 1 siang. Yang terakhir yang bikin aku ga mau Athar di sekolahin disitu adalah pengajarnya ga bisa ngambil hati Athar. Si guru nanya ke Athar "Mau sekolah disini ga?" dan Athar pun menjawab "engga" :I

Sekolah kedua, sebenernya sekolah ini lumayan dekat dari rumah. Bisa jalan kaki atau naik sepeda. Namun, ada beberapa hal yang aku dan suami kurang sreg. Ok awal mulanya aku ga mau Athar masuk ke sekolah islam. Why? karena aku takut ajaran-ajaran islam yang beda atau terlalu ekstrim. Tapi apa salahnya survey ke sekolah Islam? Siapa tau cocok. Eeh blom apa-apa aku diliatin dari atas sampai bawah sama petugas sekolah tersebut karena aku ga pakai jilbab :') padahal baju aku ga ketat ataupun terbuka :') Selain itu, Sekolah tersebut agak remang-remang dan kurang kena paparan sinar matahari. Lebih ke lembab rasanya jadi kaya kurang sehat aja menurut aku.

Sekolah ketiga, kali ini nyebrang komplek. Apa salahnya survey sekolah yang ada di sebrang komplek. Sekolah ini pun sekolah Islam. Pas ngobrol sama guru sekolah tersebut tuh asik dan ramah. Aku kaya lagi ngobrol sama tante aku yang memang guru TK. Dan sekolah ketiga ini rata-rata gurunya berumur 40an jadi otomatis paling berpengalaman dibanding kedua sekolah yang tadi survey. Selain itu, sekolah ketiga ini paling duluan berdiri dibanding kedua sekolah tadi. Nah sepanjang aku sama guru itu ngobrol di ruangan itu banyak terdapat piala. Athar nanya kok banyak piala dan guru tersebut menjelaskan kalo sekolahnya menang dalam kompetisi Drum Band. Lalu sang guru menjelaskan bahwa di sekolahnya ada kelas drum band dan sering ikut kejuaran sampai tingkat DKI. Ajaran Islamnya pun bagus menurut aku karena sebelum mulai belajar, murid-muird baca Iqra terlebih dahulu.


Result

Ok akhirnya aku dan suami nanya ke Athar pas sampai di rumah. Athar mau sekolah dimana? dan diapun menjawab "Atah mau sekolah yang banyak piala sama ada drumnya". Berarti pilihannya di sekolah ketiga!! Yeeyy Alhamdulillah karena aku dan suami pun lebih sreg sama sekolah ketiga. Brarti kita bertiga pilihannya sama :D


First Day

Akhirnya aku mendaftar ke sekolah ketiga di bulan April. Semenjak itu aku degdegserrr karena Athar mau sekolah *lebay* tapi beneran ada rasa degdegan waswas gitu entah kenapa. Aku takutnya dia ga betah atau ga mau sekolah atau nangis-nangis sampe ngejer gitu. Aahh pokoknya bikin aku khawatir :') Setiap suami ngomong ke Athar "bentar lagi Athar sekolah" hati aku langsung DEG! wkwkwkwk norak. Ternyata rasa degdeg-an itu karena sebenernya aku ada rasa sedihnya karena anak sekolah. Hampir 24jam aku selalu sama Athar dari awal dia lahir. Jadi kaya ada rasa keilangan. Ada rasa posesif di dalam hati "Oh no dia bakal sekolah. Dia bakal ga di samping gw". Aku harus singkirin rasa sedih, egois dan posesif itu karena nanti ngaruh ke Athar. Akhirnya aku sholat dan berdoa agar aku bisa iklhas dan Athar senang di Sekolah. Semenjak itu aku udah ga degdeg-an lagi. Aku udah bisa "melepaskan" dia untuk ke jenjang berikutnya. Yang dari fase bayi, batita, dan sekarang sudah fase sekolah :) namanya anak ya tumbuh terus dan kita sebagai orang tua harus bisa menerima dan mebimbingnya.

Hari pertama sekolah Athar diantar dan ditungguin sama aku dan suami. Dia keliatan happy walopun masih belum bisa beradaptasi. Selama seminggu itu aku nganterin dan nungguin di sekolah. Tapi aku bertekad kalo aku cuma seminggu aja nganter dan nungguin di sekolah. Kenapa? Biar Athar mandiri. Kalau ada aku, Athar jadi manja banget dan ga mau bersosialisasi dengan yang lain. Selama seminggu itu Athar ga nangis. Masuk kelas pun dia ga nangis mean while ada beberapa teman sekelasnya yang menangis. Pas minggu kedua Athar berangkat naik mobil jemputan sendiri tanpa aku temenin. And yes he's crying :'( Aku sempet sedih dan kepikiran juga karena Athar nangis pas di mobil jemputan tapi aku bertekad : aku ga boleh ikutan sedih! Aku harus kasih kepercayaan ke Athar dan guru-guru Sekolah. 

Selama 4 hari Athar nangis setiap naik jemputan tapi menurut Guru dan supir mobil jemputan, Athar nangis cuma keluar air mata aja ga sampai ngejer dan sampai sekolah udah happy ga nangis lagi. Pas hari ke-5 yaitu hari Jum'at, Athar janji ke aku sama suami kalo dia ga bakalan nangis lagi karena udah senang ke Sekolah dan ternyata dia ngebuktiin janjinya :D Pas naik mobil jemputan dia ga nangis dan tersenyum lalu dadah-dadah dari jendela. Ternyata Athar udah punya temen di mobil jemputan :)

Alhamdulillah nya lagi setiap bangun pagi Athar ga susah untuk dibangunin dan ga nolak. Athar juga sampai sekarang udah sebulan Sekolah ini ga pernah mengeluh "ga mau Sekolah" atau mogok Sekolah gitu engga, Alhamdulillah Hirobbil Alamiin :)

My Baby is Not Baby Anymore
Athar mau naik perosotan di Sekolah

My Baby is Not Baby Anymore
Mewarnai di kelas

My Baby is Not Baby Anymore
Belajar Sholat bersama teman-teman

Inti dari tulisan ini adalah kita sebagai orang tua harus iklas dan memberikan kepercayaan kepada Anak. Kalau misalnya aku tetep sedih, galau, deg-degan karena Athar di Sekolah, bisa-bisa Athar ga mau Sekolah atau ga PD. Begitu aku iklhas, Athar jadi semangat ke Sekolah dan dia happy di Sekolah bersama teman-temannya dan Guru-gurunya.

Aku iseng bikin video first day school di youtube nihhh klo mau nonton, monggo :)




Makasih udah mau baca blog aku :*

No comments:

Post a Comment