Tuesday, March 29, 2016

Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Hi Girls!

Kali ini aku mau cerita tentang perjuangan aku menurunkan berat badan pasca melahirkan anak pertama. Pas hamil, berat badan aku naik drastis sampai 10 kilo lebih. Sehabis lahiran, langsung tuh berat badan aku turun 9 kilo. Puas turun 9 kilo? Belum donk karena bentuk body berubah semua haha. Apalagi aku sampai sekarang masih kasih ASI ke anak aku (umur anak aku 1,6thn). Aku emang bertekad memberi ASI sampai anak aku berumur 2 tahun. Jadi yaa agak susah ya nurunin sekitar 8 kilo lagi untuk balik ke berat badan aku yang sebelum menikah. Seperti yang kita tau, ibu menyusui itu harus makan makanan dengan gizi seimbang dan lagi kalau habis menyusui, bawaannya lapeeeeer terusss jadi yaa aku ngemil melulu. Makanya ga turun-turun lagi deh berat badan aku hehe. 

Nah tapi ga mungkin donk aku terus dalam kondisi aku yang terjebak dalam masalah kelebihan berat badan ini atau bisa dibilang gemuk >_< di sisi lain aku juga masih menyusui yang otomatis porsi makan aku berlebih juga karena bawaannya pengen ngemil mulu. Selain itu, aku sebagai beauty blogger yang kadang mengharuskan foto muka atau seluruh badan juga minder karena tumpukan lemak dan pipi udah kaya bakpao terpampang jelas di blog haiiihhh malu sebenernya >__< Pengen banget punya berat badan ideal. O iya untuk menentukan berat ideal tubuh kamu sebaiknya pakai cara dari WHO dengan berdasarkan BMI atau Body Mass Index :



  • BMI kamu < 18 = terlalu kurus
  • BMI kamu 18,5 - 22,9 = berat badan ideal
  • BMI kamu 23,0 - 26,9 = kelebihan berat badan
  • BMI kamu 27,0 - 35 = obesitas
  • BMI kamu >35 = obesitas morbid yang artinya dapat menyebabkan kematian

Cara menghitung BMI adalah dengan rumus : 

Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)


Aku udah itung BMI aku dan ternyata aku termasuk kategori kelebihan berat badan hahaha. Waah bener-bener nih harus nurunin berat badan. Kenapa berat badan naik? Setiap makanan dan minuman memiliki jumlah kalori tertentu.  Kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita akan secara otomatis dirubah badan kita menjadi cadangan makanan berupa lemak. Dengan demikian kalo kita mau turun berat badan, kita perlu mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibakar badan kita. Nah kebiasaan buruk aku tuh suka ngemil karena kelaperan setelah menyusui. Aku makan apa aja seperti gorengan, mie instan, potato chips dan lain-lain (junk food). Semua cemilan itu berkalori tinggi. 


Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Untuk menghentikan kebiasaan buruk makan cemilan berkalori tinggi, aku ganti cemilan dengan Fitbar. Fitbar merupakan cemilan rendah kalori yang merupakan produk dari  Kalbe Nutritionals. Fitbar adalah snack yang bebas kolesterol, bebas lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Fitbar juga kaya nutrisi dan serat. Selain itu juga mengandung Kalsium, Vitamin A, B12 dan C.  Fitbar ini punya 3 rasa yaitu Fruits, Nuts, dan Chocolate. 


Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Aku kira cemilan sehat itu rasaya aneh bin ajaib alias ga enak tapiiiii Fitbar ini rasanya enaaaakkk bangeeettt!! Serius!!! Fruits tentunya rasa buah tapi rasanya tuh manis dan ada kismisnya plus cokat putih ^^ rasanya endeeuuussss apalagi aku suka banget sama kismis. Kalau Nuts tentunya rasa kacang, ini juga enaaaakkk banget bagi pecinta selai kacang wajib banget makan Fitbar rasa ini ditambah ada coklat putihnya plus ada oat nya juga dan rice puff nya. Nah yang paling aku suka itu rasa Chocolate!! Ya ampun ini enak banget yang rasa coklat!! Seperti dark chocolate tapi agak manis aahh susah ngedeskripsiinnya haha pokoknya bagi pecinta coklat kaya aku wajib banget nyobain rasa ini ^_^ Anak aku aja suka banget makan Fitbar! No worries donk karena Fitbar kan cemilan sehat dan kaya akan serat jadi cocok juga untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Tiap varian Fitbar memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Untuk yang Fruits kalorinya 110, Nuts kalorinya 100, dan yang Chocolate kalorinya 90. O iya perlu diingat lagi ya kalau Fitbar itu cemilan bukan makanan pengganti jadi dikala aku pengen ngemil, langsung aja makan Fitbar. Udah goodbye deh sama cemilan yang ga sehat. Jadi ga ada rasa bersalah setiap ngemil karena ngemilnya makan Fitbar ^_^

Selain cemilan sehat dan enak, Fitbar juga sedang mengadakan kampanye Donor Kalori. Masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua kelompok, yang pertama adalah kondisi anak Indonesia di daerah yang masih menderita malnutrisi akibat kemiskinan atau kurangnya pengetahuan orang tua akan nutrisi dan kebutuhan gizi anak. Kedua adlah kondisi masyarakat kota besar terutama orang dewasa yang kelebihan berat badan akibat konsumsi kalori berlebih dan kinerja metabolisme yang mulai menurun di usia 20 tahun. Sebagai cemilan sehat maka Fitbar menggarap sebuah kampanye untuk meminimalisir dampak dari kedua kondisi tersebut lewat program Fitbar Donor Kalori. 



Fitbar mengajak masyarakat mengumpulkan 10 Juta Kalori untuk membantu anak jalanan agar memiliki kualitas hudup yang lebih baik. Bergerak dengan cara paling sederhana seperti berjalan kaki, menaiki tangga, berlari hingga melakukan kegiatan olahraga apapun bisa dikonversi menjadi dana yang dibutuhkan untuk melatih, mendidik dan mengaryakan anak-anak marginal Indonesia. Bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Anak, 10 juta kalori yang terkumpul akan dikonversikan oleh Fitbar menjadi uang senilai 500 juta rupiah untuk diberikan kepada anak-anak jalanan yang kurang mampu.



Aku udah makan makanan dengan gizi seimbang, makan cemilan sehat dengan makan Fitbar lalu aku juga musti olahraga untuk membakar kalori, menurunkan berat badan dan juga untuk donor kalori. Berhubung aku merupakan beauty blogger dan stay at home mom jadi aku olahraga di rumah dengan melakukan treadmill atau sepeda statis. Kadang aku ga sempet olahraga karena kesibukan aku sebagai IRT dan ngurus anak tapi itu juga bisa bakar kalori juga lho misalnya dengan naik turun tangga atau melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan keringat seperti mencuci baju, ngepel lantai, beberes rumah dan lain-lain. Nah untuk mengetahui jumlah kalori yang dibakar, aku menggunakan steps counter. Jadi dari pas bangun tidur aku udah menggunakan steps counter dan melakukan aktivitas seperti biasa dan olahraga. Dari situ aku bisa liat berapa kalori yang terbakar per hari. Bagi yang suka kepo sama Instagram aku pasti ngeh deh dari kemarin aku upload steps counter beserta jumlah kalori yang terbakar. 



Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Tuh kalau dijumlahin aku udah donor kalori banyak kan? hehe seneng deh jadinya karena aku bisa berolahraga sekalian beramal. Sehat untuk diri sendiri dan juga bisa membantu anak-anak jalanan yang kurang mampu. Kalian juga bisa berpartisipasi Donor Kalori seperti aku. Ga punya steps counter? Tenang kalian bisa menggunakan aplikasi apa saja di smartphone yang bisa memantau hasil kalori yang terbakar dari aktivitas kalian seperti smartwatch, treadmill, elliptical, stationary bike, dan lain-lain. Lalu screen capture atau foto angka yang menunjukkan kalori yang sudah terbakar dan upload ke www.FitbarDonorKalori.com periode ini dimulai dari tanggal 1 Maret 2016 sampai 30 April 2016.


Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Apa aku puas? Belum donk karena seperti yang aku tulis diatas kalau aku pengen banget nurunin berat badan. Berkat Fitbar dengan kampanye Donor Kalori ini aku jadi hidup lebih teratur dengan makan makanan bergizi, makan Fitbar sebagai cemilan rendah kalori dan melakukan olahraga untuk membakar kalori. Jadi kebiasaan deh pake steps counter untuk ngeliat berapa banyak kalori yang dibakar tiap harinya :) Yuk ikutan bakar kalori dan Donor Kalori bersama Fitbar ^_^



Bakar Kalori dan Donor Kalori Bersama Fitbar

Thank you Fitbar & Kalbe Nutritionals!!





4 comments:

  1. Hai Mbak Nisa, mbak yang namanya hampir sama kayak aku... Aku sejak lama ngikutin blognya mbak nisa, tp cuma jadi silent reader aja. Lama nggak blogwalking ke nisa's beauty room, begitu buka blog ini lagi kok malah dapet kabar nggak mengenakkan, blognya kena bajak... Aku ikut prihatin mbak, kurang ajar banget tuh yang bajak... Dulu aku sering berkunjung ke blog ini untuk cari referensi...
    Oh ya aku juga punya blog review, follback ya mbak dan kalo sempat silakan blogwalking... Makasih...
    http://rifyanisya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo nisya waahh jd terharu kamu silent reader blog aku :')

      Iya kesel bgt blog dibajak mana udh 5thn lebih & tulisan aku semua plus foto2 :'( jd sedih klo inget itu semua

      Ok ntr aku follback yaahh ^_^

      Delete
    2. Iya mbak hehehee.. reviewnya bagus sih, bisa jadi referensi kalo pas mau beli produk...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete